ASPEK REKAM MEDIK

Pada hari Kamis 27 Juni 2019 pukul 12.30 WIB, RSU Sarila Husada mengadakan kerja sama dengan bagian Rekam Medik untuk mengadakan kegiatan ilmiah RTD (Round Table Discussion) dengan tema aspek rekam medik. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap dua minggu sekali, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan refresh ilmu tentang materi yang disampaikan. Adapun peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan ini adalah rekan-rekan perwakilan dari seluruh unit di RSU Sarila Husada yang berjumlah 50 peserta.

Pada kesempatan ini, Narasumber memberikan penjelasan terkait rekam medik yang merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan. Rekam medik pasien bersifat rahasia yang berisikan tentang keterangan tentang penyakit pasien, keluhan, pemeriksaan, pengobatan, tindakan serta perkembangan perjalanan penyakit pasien.

Tujuan terselenggaranya pelayanan rekam medik beserta kegunaannya yaitu untuk menunjang tercapainya tertib administrasi. Tanpa adanya suatu sistem pengelolaan rekam medik yang baik dan benar, mustahil tertib administrasi rumah sakit berhasil sebagaimana yang diharapkan. Terdapat pula aspek dalam rekam medik serta alur rekam medik pada penerimaan pasien baru dan alur rekam medik pada penerimaan pasien lama. Para peserta sangat tertarik dan antusias mengikuti dengan baik, banyak peserta yang memperhatikan dan mengajukan pertanyaan mengingat betapa pentingnya rekam medik pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *