KODING INA-CBG

             Pada hari Sabtu 28 September 2019 pukul 12.30 WIB, RSU Sarila Husada mengadakan kolaborasi dengan Case Mix untuk mengadakan kegiatan ilmiah RTD (Round Table Discussion) dengan tema “Koding INA-CBG”. Telah menjadi rutinitas untuk pelaksanaan RTD (Round Table Discussion) yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan refresh ilmu tentang materi yang disampaikan. Adapun peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan ini adalah rekan-rekan perwakilan dari seluruh unit di RSU Sarila Husada yang berjumlah 40 peserta.

      Pada kesempatan ini, Narasumber memberikan penjelasan terkait case mix yang merupakan suatu sistem pengelompokan terapi penyakit dengan karakteristik klinik serupa dengan biaya perawatan serupa. Biaya perawatan atau cara pembayaran oleh penyandang dana ke BPJS kesehatan, dengan besar biaya tidak berdasar jenis dan jumlah layanan yang diberikan untuk setiap pasien (unit cost) tetapi berdasarkan kesepakatan harga menurut kelompok diagnosis penyakit (INA-CBG’s).

Tujuan dari sistem pembiayaan prospektif adalah :

  1. Mengendalikan biaya kesehatan
  2. Mendorong pelayanan kesehatan tetap bermutu sesuai standar
  3. Membatasi pelayanan kesehatan yang tidak diperlukan
  4. Mempermudah administrasi klaim
  5. Mendorong provider untuk melakukan kendali biaya (cost containment)

Pada kesempatan RTD (Round Table Discussion) kali ini memberikan banyak ilmu terkait penatalaksanaan koding INA-CBG disertai dengan contoh implementasi pada pasien. Peserta yang mengikuti sangat antusias, terbukti dengan banyak peserta yang memperhatikan dan mengajukan pertanyaan yang berhubungan antara pasien dengan koding INA-CBG disertai dengan aturan koding yang terbaru, yang selalu update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *