PENATALAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TB PARU

Pada hari Kamis 12 September 2019 pukul 12.30 WIB, RSU Sarila Husada mengadakan kolaborasi dengan Bangsal Dewasa untuk mengadakan kegiatan ilmiah RTD (Round Table Discussion) dengan tema “Penatalaksanaan Asuhan Keperawatan Dengan TB Paru”. Telah menjadi rutinitas untuk pelaksanaan RTD (Round Table Discussion) yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan refresh ilmu tentang materi yang disampaikan. Adapun peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan ini adalah rekan-rekan perwakilan dari seluruh unit di RSU Sarila Husada yang berjumlah 37 peserta.

Pada kesempatan ini, Narasumber memberikan penjelasan terkait TB Paru. TB Paru merupakan infeksi yang disebabkan oleh mycobacterium tubrculosis yang dapat menyerang pada berbagai organ tubuh mulai dari paru dan organ di luar paru seperti kulit, tulang, persendian, selaput otak, usus serta ginjal yang sering disebut dengan ekstrapulmonal TBC.















Berikut merupakan tanda dan gejala dari TB Paru :

  1. Batuk (kadang disertai darah)
  2. Sesak nafas
  3. Nyeri dada
  4. Demam
  5. Anoreksia
  6. Penurunan berat badan
  7. Malaise
  8. Keringat dingin malam hari

Diagnosa pasti dari TB Paru dapat melalui pemeriksaan kultur sputum dan foto rontgen thorax (chest x-ray) serta didukung diagnosa dokter. Penatalaksanaan yang dapat dilakukan pada pasien dengan TB Paru, meliputi :

  1. Penyuluhan
  2. Pencegahan
  3. Pemberian obat – obatan (OAT, bronkodilator, ekspetoran, OBH)
  4. Pemberian vitamin
  5. Fisioterapi dan rehabilitasi
  6. Konsultasi dan kontrol secara teratur

Pada kesempatan RTD (Round Table Discussion) kali ini memberikan banyak ilmu terkait penatalaksanaan asuhan keperawatan dengan TB Paru. Para peserta sangat tertarik dan antusias mengikuti dengan baik. Terbukti dengan banyak peserta yang memperhatikan dan mengajukan pertanyaan terkait pemeriksaan dan pengobatan yang berbeda – beda mengikuti kebutuhan masing – masing pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *