PENATALAKSANAAN PASIEN IMMUNOCOMPROMISED

   Pada hari Kamis 24 Oktober 2019 pukul 12.30 WIB, RSU Sarila Husada mengadakan kolaborasi dengan tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) mengadakan kegiatan ilmiah RTD (Round Table Discussion) dengan tema “Penatalaksanaan Pasien Immunocompromised”. Telah menjadi rutinitas untuk pelaksanaan RTD (Round Table Discussion) yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan refresh ilmu tentang materi yang disampaikan. Adapun peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan ini adalah rekan-rekan perwakilan dari seluruh unit di RSU Sarila Husada yang berjumlah 38 peserta.

   Pada kesempatan ini, Narasumber memberikan penjelasan terkait immunocompromised. Penyakit Imunocompromised merupakan kasus penurunan ketahanan tubuh dimana faktor penyebab terjadinya penurunan ketahanan tubuh karena rusaknya fungsi organ limfoid (pabrik kekebalan) primer maupun sekunder, disebabkan oleh mikroorganisme (virus, bakteri, mikroplasma, fungi, protozoa, parasit internal).






Penatalaksanaan pasien immunocompromised, meliputi :

  1. Penempatan pasien pada ruang isolasi dengan ruangan bertekanan positif
  2. Penerapan kewaspadaan sesuai dengan standar
  3. Pembatasan personal sesuai dengan jumlah petugas dan pengunjung
  4. Hygiene sanitasi lingkungan
  5. Pemenuhan sarana dan prasarana penunjang
  6. Multydisiplinary team : tindakan, terapy

   Rumah Sakit menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, untuk dapat melindungi pasien, tenaga kesehatan, masyarakat dari penularan penyakit menular pada pasien immunocompromised. Peserta yang mengikuti sangat antusias, terbukti dengan banyak peserta yang memperhatikan dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan penatalaksanaan pasien immunocompromised.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *